Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris: Tips Membuatnya

Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris: Tips Membuatnya - Ketika seorang calon karyawan melihat iklan lowongan kerja suatu perusahaan, hal tersebut nyatanya menjadi kali pertama mereka berinteraksi dengan perusahaan tersebut. Dengan demikian, iklan lowongan kerja dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia harus dibuat dengan maksimal supaya jelas dan menarik para calon karyawan.

 

Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris dan Tips Membuatnya
Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris dan Tips Membuatnya


Struktur Lowongan Kerja Bahasa Inggris

Tidak ada salahnya membuat iklan lowongan kerja secara kreatif. Kendati demikian, jangan tinggalkan struktur mendasar pada pembuatannya, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Berikut beberapa hal penting yang perlu dicantumkan supaya dapat membantu calon kandidat untuk melamar pekerjaan pada perusahaan Anda.

 

Nama pekerjaan
Merupakan suatu judul yang menjadi hal paling penting dalam suatu iklan lowongan pekerjaan. Akan lebih baik jika Anda menuliskan nama pekerjaan berupa kata kunci yang spesifik bahkan mudah dikenali. Jika nama pekerjaan terlalu unik atau tidak mudah dikenal, para pencari kerja akan kesulitan menemukan lowongan kerja Anda.


Sebagai contoh, jika mencari seorang penulis konten, maka Anda wajib menuliskan “content writer”. Jangan menuliskan nama lain yang tidak dikenali. Bila perlu, dapat juga menambahkan tingkat pekerjaan seperti “junior”, “staff”, “senior”, “assistant”, dan sebagainya.


Anda juga dapat menambahkan deskripsi singkat pada posisi tersebut. Gambaran ini tentu akan berguna untuk membantu calon pelamar kerja memahami pekerjaan apa yang akan dilakukan nantinya.

 

Lokasi perusahaan/penempatan
Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk dicantumkan dalam sebuah iklan lowongan kerja dalam bahasa inggris yakni lokasi. Adapun lokasi yang dicantumkan setidaknya harus dapat memberitahu kepada calon kandidat mengenai negara, kota, hingga jalan dan kabupaten apa mereka akan ditempatkan. 


Sebagai contoh, jika lokasi penempatan ada di Yogyakarta, cantumkan secara detail apakah di kota Yogyakarta atau provinsi DI Yogyakarta. Bahkan ada baiknya jika Anda tuliskan alamat lengkap dari perusahaan tersebut.


Apabila tidak menuliskan lokasi, kemungkinan besar akan banyak pelamar dari berbagai daerah bahkan negara yang akan memasukkan lamaran. Akibatnya, waktu Anda sebagai rekruter akan habis hanya untuk menyortir para pelamar tersebut.

 

Persyaratan
Sejumlah kualifikasi tentu sangat penting dicantumkan sesuai dengan posisi yang tersedia. Alih-alih menuliskannya dengan sebuah paragraf, akan lebih baik jika kita jabarkan persyaratan yang diminta menggunakan bullet points.


Tuliskan juga apakah ketentuan kualifikasi tersebut merupakan kualifikasi wajib atau tambahan. Selain itu, ada baiknya Anda mencantumkan kualifikasi soft-skill seperti kemampuan komunikasi, bekerja di bawah tekanan, dan sebagainya. Berikut contoh persyaratan pada sebuah iklan lowongan pekerjaan.

  • Male/female, age max 26 (Pria/wanita, maksimal berusia 26 tahun)
  • Bachelor degree in any discipline (Lulusan sarjana semua jurusan/disiplin ilmu)
  • Have at least 1 year of working experience in marketing (Mempunyai setidaknya 1 tahun pengalaman kerja di bidang marketing)
  • Have excellent communication skills both in Bahasa and English (Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris)

 

Benefit
Keuntungan ketika bergabung ke perusahaan Anda juga menjadi hal yang sebaiknya disampaikan. Dengan begitu, calon kandidat akan mempertimbangkan lowongan kerja yang perusahaan Anda sediakan. Mulai dari gaji, asuransi, program pengembangan karir, dan sebagainya.


Informasi kontak
Hal lain yang juga penting untuk Anda sampaikan ketika membuat suatu lowongan kerja dalam bahasa inggris yakni informasi kontak. Informasi ini tentu saja penting supaya kandidat dapat menghubungi pihak perusahaan apabila ingin melakukan pengajuan lamaran

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris: Tips Membuatnya"