Cara Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang

Cara Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang - Surat lamaran yang baik sebelum kamu daftar lowongan kerja Padang harus memperhatikan beberapa hal, seperti penulisan tanggal dan tempat, tujuan surat, salam pembuka dan yang lainnya. Kamu harus memperhatikan isi surat lamaran kerja supaya dilirik oleh HRD.

 

Cara Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang
Cara Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang


Surat lamaran kerja yang menarik pasti akan dilihat oleh HRD dan mereka akan mempertimbangkan kamu jadi calon karyawan di perusahaan mereka. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar seperti berikut ini.


Panduan Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah:


Penulisan Tanggal dan Tempat

Pembuatan surat lamaran yang tepat harus memperhatikan penulisan tanggal dan tempat. Hal ini sangat sepele, namun jika kamu tidak diperhatikan dengan baik membuat surat lamaran kamu terlihat tidak profesional.
Cara penulisan tanggal dan tempat yang benar di surat lamaran kerja adalah ditempatkan di bagian kanan atas atau kiri atas. Kamu juga harus menyingkat penulisan tempat dan tanggalnya.


Tujuan Surat

Surat lamaran kerja juga memiliki bagian tujuan surat yang isinya menuliskan nama dan jabatan penerima. Jangan asal menulis tujuan surat lamaran kerja karena detail penulisan ini akan diperhatikan oleh HRD atau pihak yang menerima surat lamaran kamu nantinya. Tuliskan kata “yang terhormat” maupun “Yth” untuk menulis tujuan surat.
Kamu sebaiknya tahu nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja supaya terlihat profesional. Pada bagian bawah surat juga perlu ditulis nama dan alamat perusahaan yang dituju secara lengkap.


Salam Pembuka dan Pengantar

Setelah kamu membuat tujuan surat, kemudian buat kalimat salam pembuka dan pengantar. Pembuatan kalimat ini juga harus tepat untuk menunjukkan bahwa surat lamaran kamu terlihat profesional. Ucapan salam pembuka yang tepat untuk surat lamaran kerja seperti “Dengan hormat”.
Selanjutnya baru menuliskan calon pelamar dan menjelaskan tentang informasi lowongan kerja yang sedang kamu lamar. Buatlah kalimat pembuka yang singkat saja jangan terlalu panjang.


Data Diri

Tulislah dara diri kamu dengan lengkap di surat lamaran kerja. Informasi data diri yang sebaiknya kamu tulis, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan, nomor HP dan alamat email yang aktif.
Di data diri yang kamu tulis jangan terlalu banyak, apalagi memberikan informasi pribadi kamu. Sebaiknya kamu tulis identitas diri yang secara umum saja, agar pihak HRD mengenal identitas kamu.


Pengalaman Kerja dan Skill

Kamu juga bisa menuliskan pengalaman kerja dan skill yang dimiliki. Ini termasuk bagian yang penting saat menulis surat lamaran kerja karena akan diperhatikan oleh HRD. Kandidat harus menjelaskan secara rinci tentang pengalaman dan skill yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
Jelaskan pengalaman dan skill yang kamu miliki secara singkat, padat dan jelas. Penulisan surat lamaran kerja yang to the point akan lebih bagus dibandingkan bertele-tele. HRD akan memahami keahlian yang kamu miliki dengan jelas dari isi surat lamaran kerja yang satu ini.


Penutup

Bagian surat lamaran kerja yang terakhir juga ada penutupnya dan harus kamu tulis dengan baik. Di bagian ini, isinya tentang harapan kandidat pelamar kerja untuk mempertimbangkan sebagai calon karyawan di perusahaan tersebut dan memperoleh kesempatan melanjutkan ke tes selanjutnya.
Cara penulisan penutup surat lamaran kerja yang baik adalah mengucapkan terima kasih karena HRD sudah membaca surat lamaran kerja dan jangan lupa untuk melengkapi tanda tangan dengan nama lengkap kamu di bagian bawah.
Seperti itulah cara membuat surat lamaran kerja yang baik sebelum kamu mencari lowongan kerja Padang dan mendaftarkan diri.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Lowongan Kerja Padang "