Mencari Lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga Pria: Ini Caranya!

Mencari Lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga Pria: Ini Caranya! - Di zaman sekarang, urusan mencari asisten atau pembantu rumah tangga (PRT) menjadi hal yang banyak dilakukan. Baik itu untuk mengurus anak kecil, orang tua, bahkan membantu membersihkan rumah. Anda bahkan dapat memasang lowongan kerja pembantu rumah tangga pria maupun wanita sesuai dengan kebutuhan. Tapi, bagaimana sebaiknya merekrut PRT pria?

Mencari Lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga Pria
Mencari Lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga Pria


Tips Membuka Lowongan PRT Pria

Pembantu rumah tangga pria memang lebih jarang dibandingkan wanita. Banyak anggapan kalau pria kurang cocok dengan profesi ini, padahal ada juga beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mereka. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda ingin membuka lowongan PRT untuk pria.
1. Sesuaikan dengan jenis pekerjaan
Sebelum membuka suatu lowongan kerja PRT untuk laki-laki, ada baiknya jika disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis pekerjaan yang akan ditangani. Sebagai contoh jika sekadar untuk bersih-bersih, menata taman, hingga memperbaiki beberapa bagian kelistrikan rumah tentu akan cocok dilakukan oleh para pria.
Berbeda halnya jika Anda membutuhkan PRT yang bertugas mengasuh anak, umumnya akan lebih telaten PRT wanita. Kendati demikian, saat ini juga sudah ada beberapa PRT pria juga memiliki tugas untuk membantu merawat orang tua.
2. Cari pembantu dari sumber terpercaya
Langkah selanjutnya yang juga tidak kalah penting yakni mencari PRT dari sumber-sumber yang sudah terpercaya. Jangan sampai Anda salah mencari PRT karena akibatnya bisa sangat fatal. Apalagi, sudah banyak kasus PRT yang mencuri harta majikannya hingga melakukan berbagai perbuatan keji.
Untuk itu, ada beberapa yayasan penyalur tenaga kerja yang bisa Anda gunakan. Pastikan yayasan tersebut sudah dipercaya banyak orang dan memiliki track record yang baik. Anda juga bisa memilih PRT melalui referensi teman atau keluarga, bahkan jika konteksnya mencari PRT pria, memilih dari kenalan atau saudara bisa menjadi salah satu solusi.
3. Lakukan wawancara mendalam dan praktik kerja
Tahap lain yang juga tidak kalah penting yakni melakukan wawancara secara mendalam terhadap calon PRT yang akan Anda rekrut melalui iklan lowongan kerja pembantu rumah tangga pria. Tidak hanya sekadar bagaimana tampilan luar, namun amati juga cara bicara dan isinya.
Cari tahu mendalam berapa lama pengalaman yang dimiliki, apa yang membuatnya ingin melamar menjadi PRT, dan sebagainya. Sangat disarankan untuk melakukan role play dan praktik kerja sebelum Anda benar-benar memilihnya sebagai PRT baru di rumah Anda.
4. Amati gerak-geriknya
Jangan mudah percaya ketika calon ART tersebut menolak melakukan kontak mata, ragu-ragu, bahkan menunjukkan geliat yang mencurigakan. Apabila Anda memintanya untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan hingga anak kecil, pastikan kembali interaksi yang ia bangun.
Meskipun pria, namun jika memiliki interaksi yang bagus dengan anak kecil atau bahkan hewan peliharaan bisa menjadi nilai plus. Apabila raut muka terlihat tidak antusias, tentu perlu menjadi pertimbangan khusus.
5. Sesuaikan gaji dan benefitnya
Jika sudah mendapatkan PRT pria yang cocok, maka Anda perlu membuat kontrak kerja. Tidak harus benar-benar seperti perusahaan besar, yang penting ada komitmen dari asisten Anda tersebut untuk bekerja sesuai SOP. Anda juga perlu menyepakati gaji dan benefit yang nantinya akan diberikan.
Ketika sudah mendapatkan kandidat yang layak mengisi lowongan kerja pembantu rumah tangga pria tersebut, jangan lupa untuk selalu memperlakukannya seperti keluarga, dan pastikan semua haknya terpenuhi, ya. Nah, semoga sukses!

Posting Komentar untuk "Mencari Lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga Pria: Ini Caranya!"