Lowongan Kerja Administrasi Publik Semakin Banyak, Ini Prospeknya

Lowongan Kerja Administrasi Publik Semakin Banyak, Ini Prospeknya - Mungkin ada dari Anda yang berkuliah administrasi publik pada suatu Universitas atau berencana ingin kuliah pada jurusan tersebut. Jika iya, maka Anda disarankan untuk mengetahui seperti apa prospek kerja pada bidang tersebut. Dengan tahu apa saja prospeknya, maka dapat membantu Anda mengincar lowongan kerja administrasi publik mana yang paling pas dan paling potensial untuk Anda.

 

Lowongan Kerja Administrasi Publik
Lowongan Kerja Administrasi Publik

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Administrasi Publik?

Administrasi publik merupakan jurusan yang biasa dikenal Administrasi Negara pada perguruan tinggi tertentu. Jurusan satu ini fokus kepada perencanaan, pengendalian, dan mengelola organisasi instansi swasta atau publik. Pada akhirnya administrasi publik dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan instansi.


Kalau Anda memilih administrasi publik sebagai jurusan kuliah, tentunya Anda akan banyak mengkaji kebijakan pada sektor bisnis, publik dan fiskal sesuai fokus administrasi publik itu sendiri. Jurusan ini memiliki fokus terhadap tiga elemen utama dalam kehidupan masyarakat bernegara, legislatif, yudikatif dan eksekutif. 


Beberapa Posisi Pekerjaan Dengan Bidang Administrasi Publik

Sebenarnya peluang karier untuk lulusan administrasi publik sangat beragam, ada pun peningkatan jumlah permintaan pada beberapa profesi. Kalau Anda tertarik pada jurusan administrasi publik, maka coba beberapa kemungkinan jenis pekerjaan yang bisa dilamar berikut ini:

Staf legislatif
Salah satu prospek pekerjaan berdasarkan bidang administrasi publik yaitu staf legislatif. Ada pun tugas dari staf legislatif umumnya yaitu pengimplementasian kebijakan, dan hal tersebut secara khusus dikaji pada jurusan ini. Maka dari itu, pekerjaan staf legislatif adalah prospek pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan administrasi publik.

 

Tenaga pengajar
Jurusan ini tetap bisa saja menjadi pengajar, hal ini memungkinkan jika Anda lanjut pendidikan administrasi publik ke pasca sarjana. Kalau tertarik dengan profesi tenaga pengajar, maka Anda bisa mengawali karier menjadi tenaga pengajar pada perguruan tinggi tertentu. Lulusan jurusan ini sebenarnya cukup banyak tersebar pada berbagai universitas di Indonesia.

 

Pegawai BUMN
Mereka yang lulus administrasi publik bisa masuk BUMN juga. Pegawai BUMN sekarang ini merupakan yang dituju banyak lulusan, dan mudah juga dalam pendaftarannya, tiap tahun ada BUMN membuka lowongan. Saat BUMN membuka rekrutmen untuk pegawai baru, maka lulusan dari administrasi publik pas mengisi bidang perpajakan atau keuangan sesuai apa yang dikuasai saat perkuliahan.

 

Jurnalis
Mereka para lulusan administrasi publik selalu dituntut memiliki kepekaan pada berbagai isu pemerintahan atau politik yang tren. Jika memiliki kemampuan menggali data dan menganalisis dengan baik, maka jurnalis merupakan lowongan kerja administrasi publik yang cukup menjanjikan dipilih. 

 

Aparat pemerintah
Jurusan ini sejalan dengan bekerja dan berpartisipasi aktif dalam menjalankan aktivitas pemerintah agar menjangkau setiap daerah lewat kebijakan publik tertentu yang sudah diciptakan. Lewat banyaknya peraturan pemerintah dan informasi lainnya, tugas kita adalah mampu berpikir kritis pada saat menganalisa masalah atau membuat kebijakan publik. 


Anda sebagai lulusan bidang administrasi publik juga perlu tanggap terutama pada saat menganalisis risiko-risiko atas kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah.

 

Konsultan Pemerintahan
Dari seiring perkembangan teknologi dan berjalannya waktu, institusi pemerintahan menemukan tantangan-tantangan baru. Dari hal tersebut, dibutuhkan konsultan yang bisa memberikan solusi tepat agar lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Konsultan pemerintahan dapat menjadi prospek kerja untuk administrasi publik yang menjanjikan.


Tugas-tugas konsultan yaitu menciptakan strategi agar dapat memecahkan suatu permasalahan atau melakukan analisis perubahan yang terdapat pada instansi terkait. Dari semua bidang itu sesuai dengan yang dipelajari dalam administrasi publik.


Demikian bahasan seputar administrasi publik, lowongan kerja administrasi publik bisa dibilang cukup banyak dan beragam sehingga bisa mempermudah Anda yang lulusan administrasi publik untuk mendapatkan kerja.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Administrasi Publik Semakin Banyak, Ini Prospeknya"