Lowongan Kerja Sambil Kuliah: Ini Tips Agar Mendapatkan Pengalaman

Lowongan Kerja Sambil Kuliah: Ini Tips Agar Mendapatkan Pengalaman - Pengalaman merupakan hal yang berharga jika Anda ingin mencari pekerjaan, pengalaman perlu dicari sebanyak-banyaknya. Pengalaman sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan karena kandidat yang mempunyai pengalaman kerja tentunya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan mereka kandidat yang tidak sama sekali punya pengalaman kerja. Ada banyak lowongan kerja sambil kuliah tersedia, tapi bagaimana kalau tidak ada pengalaman kerja?

 

Lowongan Kerja Sambil Kuliah: Ini Tips Agar Mendapatkan Pengalaman
Lowongan Kerja Sambil Kuliah: Ini Tips Agar Mendapatkan Pengalaman

 

Cara Memiliki Pengalaman Bekerja Saat Masih Kuliah

Tak peduli seperti apa pun pengalaman Anda, tentu bisa berpengaruh dalam dunia kerja. Oleh karena itu, lebih baiknya Anda memiliki pengalaman supaya nantinya mudah mendapat pekerjaan. Ada beragam tips yang bisa diterapkan agar memperoleh pengalaman untuk yang masih dalam masa kuliah, berikut beberapa di antaranya:

 

Bekerja sebagai freelancer
Dengan bekerja freelance bisa menjadi pilihan tepat jika ingin bekerja fleksibel. Dengan bidang pekerjaan satu ini, maka membuat Anda tidak perlu lagi terikat kepada perusahaan tertentu. Anda juga bisa memilih pekerjaan mana yang pas dengan keterampilan atau bidan yang Anda sukai.


Untuk Anda yang terampil dalam bidang fotografi dan punya perlengkapan yang memadai, maka Anda bisa menawarkan jasa fotografi lewat platform freelance atau sosial media. Saat ini, sudah banyak platform untuk para freelancer yang dapat membuat Anda mendapatkan freelance lebih mudah.


Supaya lebih banyak lagi orang tertarik mengambil penawaran jasa Anda, ada baiknya mengunggah portofolio. Portofolio sangat penting untuk para freelancer, untuk melamar lowongan kerja sambil kuliah, karena dari sini kita bisa dinilai, calon pelanggan bisa tahu seperti apa kemampuan diri Anda, apakah cocok dengan yang dibutuhkan atau belum?


Tidak hanya dapat dikerjakan fleksibel lalu mendapatkan penghasilan, bekerja freelance juga bisa membuat Anda memperoleh pengalaman dengan portofolio juga tentunya yang berguna untuk Anda melamar kerja nantinya secara full-time.

 

Ikut program magang
Saat ada libur panjang, Anda bisa coba manfaatkan momen ini untuk ikut internship. Terkadang, magang menjadi mata kuliah juga di universitas. Anda bisa melakukan magang pada lembaga pemerintah, NGO, perusahaan, dan berbagai jenis lembaga lainnya. 


Supaya mendapatkan pengalaman yang maksimal, lebih baik pastikan Anda memilih bidang yang sesuai jurusan. Keterampilan dan pengalaman yang didapatkan selama magang bisa menjadi nilai lebih di CV saat melamar kerja. Terutama kalau pengalaman tersebut sesuai dengan bidang pekerjaan.

 

Kerja secara part time
Untuk yang sudah semester akhir mungkin Anda punya waktu lebih senggang, maka tak ada salahnya mengambil pekerjaan secara paruh waktu. Tapi dengan catatan juga, Anda harus bisa atur waktu antara kewajiban skripsi, dan jadwal kuliah dengan tanggung jawab kerja itu sendiri. 


Ada banyak pilihan untuk pekerjaan seperti ini yang bisa Anda pilih. Bisa menjadi asisten dosen, pelayan cafe atau restoran, guru les, dan sebagainya. Dengan bekerja paruh waktu, maka Anda tidak hanya dapat memperoleh uang saku tambahan, Anda juga dapat mencicipi tantangan kerja sebelum benar-benar nantinya terjun ke dalam dunia tersebut.


Hal yang penting yaitu, jangan sampai nantinya pekerjaan tersebut mengganggu tugas akhir Anda. 

 

Menjadi anggota panitia untuk event-event
Biasanya organisasi kampus sering mengadakan event-event yang di dalamnya melibatkan orang-orang, bisa dari anggotanya sendiri atau pihak lain agar menjadi panitia. Manfaatkan hal seperti ini untuk Anda menambah pengalaman. Anda juga dapat mengikuti kepanitiaan meski di luar lingkup kampus. 


Kalau beruntung, maka Anda bisa jadi panitia pada acara besar untuk membuat Anda memperoleh jaringan luas, kesempatan bekerja sama untuk masa mendatang pun bisa saja terjadi.


Kurang lebih seperti itu kategori lowongan kerja sambil kuliah, selamat mencoba beberapa panduan di atas. Semoga bahasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Sambil Kuliah: Ini Tips Agar Mendapatkan Pengalaman"