3 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Seperti Lowongan Kerja Manusia Silver

3 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Seperti Lowongan Kerja Manusia Silver - Beberapa waktu lalu, beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp tentang lowongan kerja manusia silver. Kabar ini sempat membuat kaget dan heboh banyak orang. Namun, setelah ditelusuri, lowongan kerja tak biasa ini ternyata hanyalah hoaks. Mungkin, pesan ini dikirim untuk menyindir mereka yang melakukan pekerjaan yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Meskipun begitu, banyak yang tergiur dan menghubungi nomor yang disertakan pada pesan tersebut. Alhasil, mereka pun tidak menemukan apa yang mereka cari.

3 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Seperti Lowongan Kerja Manusia Silver
3 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Seperti Lowongan Kerja Manusia Silver
 

Lowongan kerja palsu untuk mencari manusia silver mungkin terdengar lucu. Namun, ada juga banyak kasus serupa dimana orang tak bertanggung jawab menyebarkan lowongan kerja palsu dengan maksud untuk menipu dan mengambil keuntungan. Untuk menghindari bahaya dari lowongan kerja palsu seperti lowongan kerja manusia silver ini, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan.


Periksa Kredibilitas Perusahaan yang Menawarkan Pekerjaan 

Cara termudah memeriksa kredibilitas sebuah perusahaan adalah dengan menggunakan internet. Saat ini, jarang ada perusahaan yang tidak memiliki website. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba mengunjungi website perusahaan tersebut dan melihat apakah memang mereka memiliki lowongan pekerjaan. Bila tidak ada atau bahkan Anda tidak menemukan perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut, maka bisa dipastikan lowongan pekerjaan tersebut adalah lowongan pekerjaan palsu.
Hal ini juga sama dengan lowongan kerja manusia silver. Hingga saat ini, tidak ada perusahaan atau organisasi resmi yang menaungi mereka yang bekerja sebagai manusia silver. Jadi, lowongan pekerjaan yang mencari mereka yang rela untuk menjadi manusia silver bisa dikatakan hanyalah kabar bohong.


Anda Langsung Diterima Tanpa Wawancara atau Tes

Persaingan bisnis yang begitu ketat mengharuskan setiap perusahaan merekrut pekerja terbaik. Dan, untuk memilah dan memilih pelamar dengan kemampuan terbaik, dibutuhkan wawancara dan/atau tes. Bila lowongan pekerjaan yang Anda temukan tidak menyertakan kedua hal tersebut, maka bisa dikatakan lowongan pekerjaan tersebut adalah palsu. Meskipun sebuah perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja baru, mereka pasti akan mengadakan setidaknya satu sesi wawancara.


Lowongan Kerja Datang Dari Pesan Berantai
 

Seperti yang kita sudah sebutkan diatas, lowongan kerja manusia silver menyebar dari pesan berantai di aplikasi pesan singkat. Mungkin, bila yang memberitahukan adanya lowongan kerja adalah teman atau keluarga Anda, ada kalanya kabar tersebut dapat dipercaya. Bila lowongan kerja datang dari perusahaan dan menyebar di media sosial seperti ini, maka jangan terlalu dipercaya.


Lowongan kerja yang asli biasanya muncul di media yang sesuai, misalnya media cetak, situs lowongan kerja, atau aplikasi lowongan kerja. Misalnya Anda menemukan lowongan kerja dari media sosial, coba periksa di situs atau aplikasi lowongan kerja untuk mencari kebenarannya. Bila lowongan kerja tersebut memang benar-benar ada, Anda pasti akan menemukannya di dua sumber tersebut. Namun, lowongan kerja palsu tidak akan Anda temukan di situs atau aplikasi karena adanya filter ketat oleh pengelola situs dan aplikasi.


Kesimpulan
 

Memang, sejak masa pandemi, banyak dari kita yang kehilangan pekerjaan. Dan, Anda yang mengalami hal ini tentu saja ingin segera mencari pekerjaan yang halal dan menghasilkan. Lowongan kerja manusia silver yang beredar pun terasa menggiurkan karena bisa memberikan sedikit uang untuk kebutuhan hidup kita. Namun, Anda harus berhati-hati agar lowongan kerja palsu seperti ini tidak memberikan Anda lebih banyak masalah. Gunakan tips dari kami dan cari lowongan kerja yang kredibel dan dapat dipercaya.

Posting Komentar untuk "3 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Seperti Lowongan Kerja Manusia Silver"