Intip 5 Tips Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Sopan

Intip 5 Tips Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Sopan - Kemunculan media sosial maupun situs website online yang ada seperti sekarang ini, menjadikan orang – orang semakin mudah dalam mencari lowongan kerja secara efektif dan efisien. Meski demikian, ternyata masih ada sebagian orang yang masih bingung mengenai cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp ataupun aplikasi online chatting lainnya. Bagi Anda yang mungkin merasa demikian, maka sebaiknya perlu menyimak beberapa tips menanyakan lowongan kerja lewat aplikasi WhatsApp di artikel berikut ini.

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Sopan
Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Sopan


Bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat aplikasi WhatsApp?

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan baik – baik sebelum menanyakan seputar lowongan kerja kepada pihak HRD perusahaan. Baik itu mulai dari foto profil, penggunaan tata bahasa sampai dengan waktu pengiriman pesan. Apabila Anda sudah mengetahui beberapa ketentuan yang diterapkan, maka Anda bisa mengirimkan pesan chat kepada pihak HRD perusahaan dengan tata cara berikut ini.

 

Perhatikan waktu pengiriman pesan
Tips pertama yang perlu Anda perhatikan baik – baik ketika akan menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp, yakni dengan memperhatikan waktu pengiriman pesan itu sendiri. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi Anda untuk mengirimkan pesan pada waktu jam – jam kerja perusahaan. Sebab jika Anda mengirimkan pesan pada waktu malam hari, maka besar kemungkinan pesan akan tertumpuk oleh pesan lain. Akibatnya, hal ini menjadikan pesan Anda tidak terbaca oleh pihak HRD perusahaan.

 

Ucapkan salam pembuka untuk menanyakan lowongan kerja
Dalam menanyakan perihal lowongan kerja yang akan dilamar di perusahaan tertentu, Anda penting untuk mengucapkan salam pembuka sebagai salah satu etika yang baik. Mengenai salam pembuka yang bisa Anda gunakan disini, yakni seperti misalnya selamat pagi / selamat siang / selamat sore Bapak / Ibu. Adapun mengenai salam pembuka yang disampaikan ini, Anda harus bisa menyesuaikan dengan waktu pengiriman pesan chat tersebut.

 

Jangan lupa memperkenalkan diri
Apabila Anda sudah mengucapkan salam pembuka, maka cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp selanjutnya yakni dengan memperkenalkan diri dan identitas secara singkat. Baik itu mulai dari usia Anda maupun latar belakang pendidikan yang Anda tempuh. Kedua hal ini penting untuk Anda sampaikan kepada pihak HRD perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui siapa Anda sebagai pengirim pesan atau chat dalam melamar pekerjaan nantinya.

 

Jelaskan secara detail dan singkat mengenai keperluan Anda
Jika sudah memperkenalkan diri Anda secara singkat, maka selanjutnya tinggal jelaskan maksud dan tujuan Anda yakni untuk menanyakan lowongan kerja yang akan dilamar. Dalam hal ini, Anda bisa menanyakan lowongan kerja yang akan dilamar secara detail, termasuk bagian detail divisi maupun bidang yang akan dilamar. Selain itu, Anda juga bisa memberitahukan kepada pihak HRD perusahaan terkait darimana Anda memperoleh informasi seputar lowongan kerja dari perusahaan tersebut.

 

Akhiri dengan mengucapkan salam penutup
Yang terakhir, Anda bisa mengucapkan salam penutup setelah mendapatkan informasi pekerjaan yang akan dilamar. Di bagian ini, Anda bisa mengucapkan terima kasih kepada pihak HRD perusahaan yang sudah bersedia membaca pesan Anda dan gunakan kalimat yang singkat dan jelas serta tidak bertele – tele. Yang terpenting, maksud dan tujuan pesan Anda bisa langsung tersampaikan dengan baik ke pihak HRD.


Demikianlah tadi beberapa tips cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang penting untuk Anda perhatikan baik – baik saat akan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu.

Posting Komentar untuk "Intip 5 Tips Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Sopan"