Ketahui Ketentuan Penting saat akan Mendaftar Lowongan Kerja Kereta Api untuk Wanita

Ketahui Ketentuan Penting saat akan Mendaftar Lowongan Kerja Kereta Api untuk Wanita - Sampai sekarang ini, PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI telah membuka lowongan kerja kereta api untuk wanita maupun pria dari lulusan SMA sampai S1. 

Lowongan Kerja Kereta Api untuk Wanita
Lowongan Kerja Kereta Api untuk Wanita


Tidak heran lagi jika rekrutmen yang dilakukan PT KAI ini selalu menarik banyak calon pelamar di Indonesia, mengingat mereka selalu membuka lowongan untuk banyak posisi dan siapapun yang memenuhi syaratnya dapat mencoba mendaftar. Bahkan akun instagram resmi dari PT KAI, @keretaapikita juga mempunyai postingan mengenai rekrutmen tersebut yang sudah mengundang sampai 6.000 likes dan 1.000 komentar lebih.


Posisi pekerjaan yang biasanya sering dicari dan dibutuhkan PT KAI ini adalah masinis, Pramugara maupun Pramugari, PAP atau Pengawas pada Peron, PPKA atau Pengatur pada Perjalanan Kereta Api, PJW atau Petugas Wesel, PRS atau Petugas pada Rumah Sinyal, PLR atau Petugas Langsir, Petugas Pemeliharaan pada Sintelis, Petugas pada Pemeliharaan Rel serta Jembatan, dan juga Petugas pada Pemeliharaan Sarana.


Nah, sebelum anda mulai mencoba untuk mendaftar, tentunya anda perlu mengetahui apa saja ketentuan penting saat melakukan rekrutmen dengan PT KAI berikut ini,


Terdaftar Kewarganegaraan Indonesia
Tentunya anda perlu terdaftar menjadi warga negara Indonesia, karena hal satu ini merupakan syarat utama ketika anda akan mendaftar di PT KAI


Membuat SKCK dahulu di Kepolisian
Tentunya saat mendaftar lowongan kerja kereta api untuk wanita, anda sebagai pelamar perlu membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang sebelumnya juga dikenal sebagai Surat Berkelakuan Baik. Anda nantinya bisa langsung mendatangi kantor kepolisian resor yang ada di kota atau kabupaten dimana anda berada, atau sesuai dengan dimana daerah asal anda.


Selalu cari berbagai informasi apakah kepolisian di sekitar anda telah menyediakan layanan untuk mendaftarkan pembuatan SKCK Online atau masih harus langsung mendatangi kantor polisi tersebut.
Untuk beberapa syarat dalam membuat SKCK diantaranya adalah anda perlu mempunyai fotokopi dari kartu identitas diri, fotokopi dari  kartu keluarga, fotokopi dar akta kelahiran anda, fotokopi dari ijazah terakhir, dan foto diri terbaru dengan ukuran tertentu.


Memperhatikan syarat rentang umur calon pelamar
Jangan lupa untuk memperhatikan berapa syarat usia yang diminta dari PT KAI tersebut. Biasanya usia minimal dari calon pelamar yang dibutuhkan adalah 18 tahun dengan maksimal umurnya 25 tahun.


Syarat Nilai UN dan IPK
Tentunya tiap perusahaan akan mempunyai minimal nilai tersendiri. Untuk PT KAI sendiri mempunyai syarat para pelamarnya mempunyai nilai UN dengan rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) dan minimal IPK 3,0 (tiga koma nol). Hal tersebut merupakan syarat wajib bagi semua pelamar di Indonesia.


Syarat fisik pelamar
Bagi pelamar yang ingin mendaftar menjadi masinis serta petugas untuk mengatur perjalanan kereta api diketahui harus mempunyai tinggi badan minimal setinggi 165 centimeter dan mempunyai berat badan yang ideal.


Kemudian untuk pelamar di posisi pengatur pada rumah sinyal, petugas langsir, petugas untuk jasa wesel, serta pengawas pada peron memunyai syarat mempunyai tinggi badan sekitar 163 centimeter dengan berat badannya yang ideal.


Sedangkan bagi pendaftar pemeliharaan sarana, prasarana, serta sintelis mempunyai syarat dengan tinggi minimal 160 centimeter dan mempunyai berat badan yang ideal.


Walaupun begitu, anda juga perlu selalu percaya diri ketika akan menjalani wawancara setelah melewati berbagai persyaratan tadi. Sekarang ini bukan hanya ada lowongan untuk pria saja, tetapi sudah mulai muncul berbagai lowongan kerja kereta api untuk wanita yang bisa anda coba segera.

Posting Komentar untuk "Ketahui Ketentuan Penting saat akan Mendaftar Lowongan Kerja Kereta Api untuk Wanita"