Lowongan Kerja Teknik Komputer dan Jaringan: Pilihan Karir

Lowongan Kerja Teknik Komputer dan Jaringan: Pilihan Karir - Saat ini banyak anak muda yang lebih melanjutkan pendidikannya di sekolah kejuruan dengan alasan agar bisa langsung bekerja tanpa harus kuliah. Salah satu jurusan yang cukup banyak dipilih oleh para siswa ialah jurusan teknik komputer dan jaringan atau yang biasa disingkat menjadi TKJ. 

Pemilihan jurusan tersebut merupakan suatu pilihan yang tepat, hal ini karena banyak ditemukan lowongan kerja teknik komputer dan jaringan. Apa saja pilihan karir untuk anak jurusan TKJ? Yuk simak artikel berikut!

Lowongan Kerja Teknik Komputer dan Jaringan: Pilihan Karir
Lowongan Kerja Teknik Komputer dan Jaringan: Pilihan Karir

Beberapa Pilihan Karir untuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Zaman yang serba canggih ini menjadikan jurusan Teknik komputer dan jaringan menjadi jurusan yang banyak peminatnya, hal ini karena kebutuhan serta lowongan kerja teknik komputer dan jaringan semakin banyak dicari akhir-akhir ini. Adapun pilihan karir yang sesuai untuk jurusan teknik komputer jaringan diantaranya yaitu:


Teknisi komputer

Proses pembelajaran di jurusan TKJ membuat kita menjadi seseorang yang ahli dalam bidang komputer, maka menjadi teknisi komputer merupakan salah satu pilihan karir yang bisa kita manfaatkan untuk masa depan. Karir sebagai teknisi komputer ini saat ini banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan atau UMKM yang saat ini sudah mulai melakukan transformasi ke digital. Teknisi komputer juga diprediksi nantinya akan banyak yang membutuhkan untuk melakukan tugas maintenance komputer milik perusahaan.


Administrasi server

Selain teknisi komputer, seseorang yang lulus dari teknik komputer dan jaringan juga memiliki kesempatan menjadi seorang administrasi server. Adapun tugas dari administrasi server ialah mengelola, mengamankan dan mengontrol akses pada jaringan dan sumber daya yang terdapat pada komputer server. Bagi seorang lulusan TKJ, maka melakukan administrasi server dan maintenance bukanlah suatu hal yang asing karena di sekolah sudah dipelajari dan dipraktikkan.


Teknisi jaringan

Selain beberapa pilihan karir di atas, karir yang juga bisa dipilih oleh lulusan TKJ ialah menjadi seorang teknisi jaringan. Hal ini karena selain mempelajari perangkat keras komputer, jurusan TKJ juga biasanya akan mempelajari sebuah cara untuk dapat membangun jaringan seperti jaringan LAN, WAN, WIFI maupun instalasi dari sebuah jaringan. 

Di era yang serba canggih ini, sebagian besar perusahaan sudah dapat dipastikan menggunakan jaringan internet sebagai salah satu komponen terpenting, oleh karena itu kebutuhan akan teknisi jaringan sangatlah dibutuhkan.


Web developer

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak orang yang menggunakan internet. sebagian besar orang memilih untuk mencari berbagai informasi melalui internet, banyaknya pengguna internet ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk meningkatkan citra bisnis mereka sehingga nantinya akan mendapat hati masyarakat. Dengan banyaknya perusahaan yang ingin memperbaiki citra di internet, maka kebutuhan akan web developer ini semakin meningkat.


Programer

Pilihan karir yang bisa dipilih oleh lulusan TKJ selanjutnya ialah sebagai programer. Pertumbuhan akan perusahaan startup di Indonesia menjadikan kebutuhan profesi programer semakin meningkat. Lulusan TKJ biasanya sudah dibekali dengan beberapa dasar pemrograman yang dapat dijadikan suatu bekal dalam berkarir.

Masih banyak lagi pilihan karir yang bisa dipilih oleh jurusan teknik komputer dan jaringan. Sebagian besar karir nya berhubungan dengan teknologi sehingga sangat relevan dengan kondisi saat ini yang sudah ketergantungan dengan teknologi. Itulah beberapa pilihan karir yang biasanya membuka lowongan kerja teknik komputer dan jaringan. Bagi kalian yang mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan ini perlu belajar sebaik mungkin karena ilmunya pasti akan sangat berguna di dunia kerja.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Teknik Komputer dan Jaringan: Pilihan Karir"