Syarat Lowongan Kerja di Korea Untuk Wanita

Syarat Lowongan Kerja di Korea Untuk Wanita - Lowongan kerja di Korea untuk wanita menjadi daya tarik tersendiri. Terutama soal pengalaman menarik, gaji yang besar hingga bisa bertemu dengan idol K-pop yang banyak digandrungi wanita Indonesia.

Lowongan Kerja di Korea Untuk Wanita
Lowongan Kerja di Korea Untuk Wanita


Alasan apa pun, kerja di Korea tentu memberlakukan persyaratan yang harus dipenuhi. Di berbagai negara, memiliki syaratnya masing-masing untuk bisa dipahami sebelum memutuskan ikut mendaftar.


Syarat Kerja di Korea

Lebih lanjut, apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum mencari lowongan kerja di Korea? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Usia

Syarat usia kerja di Korea Selatan adalah minimal 18 tahun. Ini berarti bahwa seseorang harus berusia minimal 18 tahun untuk dapat bekerja secara legal di Korea Selatan. Namun, ada beberapa pekerjaan tertentu yang memiliki persyaratan usia yang lebih tinggi, seperti pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi khusus atau bekerja di industri tertentu.

Selain itu, perlu dicatat bahwa Korea Selatan memiliki Undang-Undang tentang pekerja anak yang ketat dimana anak-anak di bawah usia 15 tahun dilarang untuk bekerja, kecuali dalam kasus-kasus tertentu yang disetujui oleh pemerintah.

Pendidikan

Untuk dapat bekerja di Korea Selatan, biasanya dibutuhkan minimal ijazah SMA atau setara. Namun, beberapa pekerjaan memerlukan pendidikan yang lebih tinggi atau kualifikasi khusus.

Selain itu, dalam beberapa industri tertentu, seperti bidang teknologi atau keuangan, biasanya diharapkan bahwa pekerja memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi.

Kesehatan

Syarat kesehatan yang harus dipenuhi oleh wanita untuk bisa bekerja di Korea terdapat beberapa. Diantaranya tidak cacat fisik, tidak memiliki riwayat terhadap penyakit serius, dan tidak buta warna. Harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Dokter.

Tidak Ada Riwayat Deportase

Untuk bisa bekerja di Korea Selatan, Anda juga harus bebas dari catatan deportase oleh pemerintah Korea Selatan. Namun, juga Anda dalam kondisi tidak dicekal untuk bepergian ke luar negeri.

Lulus Tes

Tentu saja tes menjadi persyaratan penting untuk bisa bekerja di Korea Selatan. Tes tersebut biasanya bergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan yang akan menaungi Anda. Misalnya tes wawancara, tes fisik, tes psikologis, dan lain-lain.


Jenis Pekerjaan di Korea yang Cocok untuk Wanita

Nah, jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, langsung saja memenuhi dokumen persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan perusahaan. Lebih lanjut, berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk wanita di Korea Selatan.


Pekerjaan Kerah Biru

Pekerjaan kerah biru adalah istilah yang merujuk pada industri elektronik, otomotif, baja, dan kimia dimana jenis pekerjaan ini menjadi yang paling banyak dibutuhkan oleh Korea Selatan. 

Menariknya, pekerjaan ini tidak terlalu membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Korea. Sehingga bagi pekerja imigran, hal ini sangat menguntungkan karena tidak terlalu terkendala Bahasa. Pekerjaan ini juga menyediakan akomodasi lengkap untuk pekerjanya.


Pekerjaan Profesional

Pekerjaan ini termasuk akuntan, guru, teknisi, dan orang yang bekerja dalam bidang perhotelan dan pariwisata. Namun, pekerjaan semacam ini menuntut Anda untuk fasih dalam berbahasa Korea. Sehingga Anda harus belajar terlebih dahulu secara giat agar memahami Bahasa Korea Selatan secara mumpuni.

Selain itu, pekerjaan ini juga menuntut profesionalitas Anda dari segi pendidikan dan pelatihan. Sehingga Anda harus mempersiapkan berbagai dokumen yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Bisa juga memperkuat dengan sertifikat-sertifikat keahlian agar lebih dipertimbangkan.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mencari lowongan kerja di Korea? Jika sudah, persiapkan dari berbagai segi, termasuk dokumen-dokumen persyaratan serta mental Anda.

Posting Komentar untuk "Syarat Lowongan Kerja di Korea Untuk Wanita"