Chat Melamar Pekerjaan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA, Cara dan Contoh Teks Lamaran Kerja

Chat Melamar Pekerjaan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA, Cara dan Contoh Teks Lamaran Kerja - Perkembangan di dunia teknologi khususnya untuk penggunaan media sosial sudah mulai berkembang luas. Sebelumnya Kita tahu, media sosial hingga aplikasi pesan singkat hanya digunakan untuk media komunikasi dan berkirim pesan singkat. Namun kini sudah banyak yang melakukan chat melamar pekerjaan contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA. 

 

Chat Melamar Pekerjaan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA
Chat Melamar Pekerjaan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA


Cara dan Etika Melamar Pekerjaan via Whatsapp

Sebelum Anda mencoba untuk melamar pekerjaan via Whatsapp, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara dan etikanya menanyakan lowongan pekerjaan melalui aplikasi Whatsapp.
Saat ini banyak perusahaan yang memberikan prosedur untuk perekrutan karyawan baru dan pengiriman berkas lamaran dengan menggunakan layanan aplikasi WA. Secara umum, untuk melamar kerja via Whatsapp bisa dilakukan secara online hampir sama caranya seperti melamar kerja via email.
Berikut merupakan prosedur yang harus Anda lakukan untuk melamar kerja via WA.


Temukan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian
Prosedur yang pertama adalah untuk mendapatkan lowongan kerja yang sesuai dan cocok dengan keahlian yang Anda miliki. Anda bisa mencarinya secara online untuk kemudian mengirimkan surat lamaran dan berkas via online juga. 


Cek juga apakah perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut mengarahkan proses perekrutan via WA atau tidak sehingga lebih jelas prosesnya beserta informasi lengkap dari alamat perusahaan, review perusahaan hingga nomor Whatsapp yang digunakan untuk perekrutan dan mengirimkan chat melamar pekerjaan contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA.

 

Siapkan berkas yang dibutuhkan
Prosedur berikutnya adalah untuk mempersiapkan berkas lamaran yang dibutuhkan, yaitu :

  • Surat lamaran kerja berupa teks melamar kerja via WA
  • Curriculum Vitae atau daftar Riwayat hidup digital
  • Scan transkrip nilai
  • Scan SKCK terbaru
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scan pas photo
  • Scan berkas pendukung seperti SIM, Surat Pengalaman Kerja dan berbagai surat atau dokumen lainnya

Semua dokumen tersebut harus Anda scan dan compress ukuran terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk dilampirkan di WA.

 

Kirimkan lamaran kerja
Selanjutnya adalah untuk mengirimkan berkas dokumen yang diminta oleh perusahaan untuk dilampirkan bersama dengan teks lamaran kerja via WA kemudian kirimkan di waktu yang tepat yaitu di waktu jam kerja perusahaan tersebut. Sebelum mengirimkan berkas, perhatikan beberapa hal penting seperti mengetahui deadline pengiriman lamaran yang tercantum di dalam informasi lowongan kerja. Jika tak tercantum, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah mereka masih membuka lowongan kerja tersebut atau tidak.

 

Sabar menunggu
Jika Anda mengirimkan lamaran kerja via Whatsapp, maka harus bisa bersabar untuk menunggu mendapatkan jawaban dari pihak HRD yang melakukan perekrutan karyawan. Kurang lebih setelah seminggu dari pengiriman surat lamaran dan berkasnya, barulah Anda bisa menanyakan perihal lamaran kerja apakah diterima atau tidak dengan menggunakan kata dan bahasa yang sopan via WA.


 

Contoh Teks Melamar Kerja Via Whatsapp

Agar supaya Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sebaiknya ketahui bagaimana cara menulis teks lamaran kerja yang baik via Whatsapp. Berikut contoh yang bisa Anda gunakan jika ingin melamar kerja via aplikasi pesan singkat Whatsapp :


“ Selamat pagi,
Mohon maaf sebelumnya, perkenalkan saya Amina Sakinah, Pendidikan S1 Manajemen Bisnis UNS ingin menanyakan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia di PT. Abadi Berkah Jaya.
Apakah tersedia lowongan kerja untuk posisi yang sesuai dengan jurusan pendidikan saya yaitu Manajemen Bisnis atau posisi lainnya yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki. Jika tersedia, mohon informasinya mengenai lowongan kerja tersebut lengkap beserta syarat, ketentuan pekerjaan dan bagaimana cara melakukan lamaran kerja yang dibutuhkan.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak. Mohon maaf sudah mengganggu waktu Bapak/Ibu, semoga berkenan”.


Itulah chat melamar pekerjaan contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA yang bisa Anda gunakan ketika melamar kerja via Whatsapp.

Posting Komentar untuk "Chat Melamar Pekerjaan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA, Cara dan Contoh Teks Lamaran Kerja"