Ini Syarat Lamar Lowongan Kerja ke Jepang Dijamin Lolos

Ini Syarat Lamar Lowongan Kerja ke Jepang Dijamin Lolos - Jepang termasuk salah satu negara maju di Asia yang diminati oleh para pencari kerja. Adanya kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jepang semakin membuka lebih banyak peluang warga Indonesia untuk kerja di Jepang. Namun, untuk bisa diterima kerja Anda harus memenuhi syarat daftar lowongan kerja ke Jepang. Berikut syarat lengkapnya:

Ini Syarat Lamar Lowongan Kerja ke Jepang Dijamin Lolos
Ini Syarat Lamar Lowongan Kerja ke Jepang Dijamin Lolos

 

Memiliki Kemampuan Bahasa Jepang
Bahasa termasuk faktor penting yang harus dikuasai agar dapat bekerja di luar negeri. Apalagi, negara Jepang sendiri sangat menjunjung tinggi bahasa ibu mereka sehingga Anda harus menguasai bahasa Jepang dengan fasih.


Selain itu, mayoritas orang Jepang tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Karena itu, Anda harus mempersiapkan kemampuan bahasa Jepang agar dapat lamar lowongan kerja ke Jepang.
Untuk menguasai bahasa tersebut, Anda bisa melakukan kursus bahasa atau kuliah Bahasa Jepang  jika Anda memiliki dana yang cukup. Kuliah Bahasa Jepang dapat memberikan keuntungan yang besar karena terdapat kurikulum yang membantu Anda menguasai bahasa Negeri Sakura tersebut. 


Namun, kuliah Bahasa Jepang memerlukan waktu yang lama dibandingkan dengan kursus bahasa yang tidak perlu waktu bertahun-tahun untuk belajar. Sudah banyak tersedia kursus Bahasa Jepang dengan beberapa program pelatihan Bahasa Jepang seperti kelas regular, intensif, private dan lainnya.
Setelah Anda belajar bahasa Jepang, maka wajib mengikuti tes bahasa Jepang resmi yang disebut dengan Japanese-Language Proficiency Test (JLPT). Terdapat 5 level hasil JLPT yang menunjukkan tingkat kemampuan dalam berbahasa Jepang. 


Meliputi N5 Kemampuan memahami beberapa bahasa Jepang dasar, N4 kemampuan memahami bahasa Jepang dasar, N3 Kemampuan memahami bahasa Jepang yang digunakan untuk sehari-hari sampai tingkat tertentu, serta tingkat N2 kemampuan bahasa Jepang yang digunakan dalam situasi sehari-hari, dan berbagai situasi hingga tingkat tertentu.


Kemudian level tertinggi yaitu N1 kemampuan memahami bahasa Jepang dalam berbagai situasi. Nah, untuk bisa bekerja di Jepang, Anda harus menguasai minimal level N4. Hal ini lantaran jika Anda telah menguasai level N2 dan N1 nantinya tidak lagi memerlukan agen untuk kerja di Jepang. Tentunya, membuat pengeluaran lebih hemat.

 

Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan juga menjadi syarat yang menentukan jenis dan posisi pekerjaan yang dapat Anda lamar untuk lowongan kerja ke Jepang. Serupa dengan di Indonesia, profesi pekerjaan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja. 


Jika Anda memiliki gelar sarjana atau sertifikat kompetensi tertentu, Anda dapat melamar sebagai ahli atau karyawan di sektor industri yang sesuai dengan latar belakang dan tingkat pendidikan tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki sertifikat kompetensi di bidang welding, nantinya Anda dapat menjadi welder di Jepang. 


Namun, jika Anda tidak mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi, Anda bisa melamar pada posisi yang tidak memerlukan keahlian khusus, seperti pekerja di lahan perkebunan, pelayan restoran, atau petugas kebersihan. UMR di Jepang cukup tinggi, lho. Bekerja biasa pun tetap menguntungkan.

 

Melakukan Medical Check Up
Kesehatan fisik sangat penting agar Anda dapat diterima kerja di Jepang. Hasil medical check-up secara menyeluruh diperlukan untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau industri di Jepang. 


Pelamar kerja di Jepang tidak diperbolehkan mempunyai penyakit kronis yang serius, seperti penyakit jantung dan hipertensi serta tidak boleh memiliki penyakit mata dan kulit. Selain itu, diperlukan juga sertifikat vaksinasi COVID-19.


Demikian syarat lamar lowongan kerja ke Jepang yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Ini Syarat Lamar Lowongan Kerja ke Jepang Dijamin Lolos"