Tips Membuka lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga di Apartemen Jakarta

Tips Membuka lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga di Apartemen Jakarta - Membuka lowongan Pembantu Rumah Tangga dilakukan dari tahap mencari, menyeleksi hingga melalui proses yang panjang. Pada tahap ini, dibutuhkan ketelitian lantaran nantinya akan jadi bagian yang tinggal di apartemen Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya menerapkan tips membuka lowongan kerja pembantu rumah tangga di apartemen Jakarta berikut:

Tips Membuka lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga di Apartemen Jakarta
Tips Membuka lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga di Apartemen Jakarta


Pelajari Hukum Ketenagakerjaan
Untuk mencari pembantu terpercaya sebaiknya mencari langsung di agen penyalur PRT. Namun, sebelumnya Anda perlu mempelajari hukum ketenagakerjaan.
Meskipun pihak agen telah menanganinya, Anda tetap harus mempelajarinya agar proses rekrutmen tetap sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku dan juga  dapat melindungi dari segala bentuk hukum yang tidak diinginkan. 

 

Cari Referensi Orang Terdekat
Akan sangat beruntung jika Anda bisa mendapatkan referensi saat membuka lowongan kerja pembantu rumah tangga di apartemen Jakarta dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, tetangga, atau rekan kerja.
Meskipun setiap rumah dan keluarga memiliki perbedaan karakteristik dan anggaran, mencari referensi dari orang terdekat dapat membantu Anda untuk mendapatkan orang yang jujur dan sudah terbukti hasil kerjanya.

 

Lakukan Wawancara Sebelum Mempekerjakan
Sebelum mempekerjakan pastikan Anda melakukan wawancara, baik secara langsung maupun lewat telepon.
Ketika wawancara ini, silakan tanyakan beberapa pertanyaan untuk informasi yang Anda butuhkan. Meliputi pengalaman dalam bekerja, pola bekerja yang ia inginkan, dan jumlah upah yang sekiranya sesuai dan ketentuan kerja lainnya.

 

Pilih Agen Penyalur yang Profesional
Tidak semua agen penyalur pembantu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang baik dalam memilihkan asisten rumah tangga. Karenanya, Anda perlu teliti saat memilih agen.
Anda bisa mencari tahu dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa agen tersebut dan apa saja kebijakan yang mereka miliki jika pembantu yang Anda dapatkan tidak sesuai untuk apartemen di Jakarta Anda.

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Ekspektasi
Saat melakukan penelusuran kandidat hasil lowongan kerja pembantu rumah tangga di apartemen Jakarta, banyak orang melakukan kesalahan dengan membersihkan rumah mereka sebelum mereka sampai di sana.
Sebaiknya, Anda memperlihatkan kondisi apartemen Anda apa adanya. Jadi, Anda bisa langsung memberikan gambaran tentang apa yang akan ia kerjakan sehingga dapat membantunya untuk membayangkan pekerjaannya.

 

Jelaskan Jobdesk dan Batasan Kerja
Beritahukan dari awal rincian jobdesk yang harus pembantu lakukan selama bekerja. Sebaiknya negosiasikan hal ini sebelum PRT memulai pekerjaannya.
Usahakan antara Anda dan dia telah benar-benar sepaham sehingga tidak terjadi miscommunication. Termasuk juga memberitahukan apa saja batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pembantu, termasuk ranah privasi Anda.

 

Lakukan Masa Percobaan
Jika sudah menentukan kandidat yang cocok, mulailah melakukan masa percobaan dulu selama satu bulan. Hal ini untuk memberi waktu mereka membiasakan diri dan memberi Anda kesempatan menilai kinerja mereka.
Jika memang selama waktu tersebut Anda tidak menemukan kecocokan, masih bisa pertimbangkan kembali apakah akan mempekerjakannya atau tidak.

 

Percayakan Pada Feeling
Percayakan keputusan terakhir pada naluri dan feeling Anda. Jujurlah selama penilaian dan pertimbangkan kekhawatiran yang Anda rasakan. Apalagi jika Anda bermaksud meminta pembantu rumah tangga ini untuk menjaga anak saat bekerja.


Tujuan Anda memanfaatkan jasa pembantu rumah tangga tentunya untuk mengembalikan waktu, energi, dan ketenangan pikiran. Maka jangan sampai adanya pembantu malah menambah beban pikiran.
Demikian tips membuka lowongan kerja pembantu rumah tangga di apartemen Jakarta yang bisa diaplikasikan. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Tips Membuka lowongan Kerja Pembantu Rumah Tangga di Apartemen Jakarta"