Lowongan Kerja Farmasi Lulusan SMK dan Prospek Kerja

Lowongan Kerja Farmasi Lulusan SMK dan Prospek Kerja - Salah satu jenjang sekolah yang saat ini banyak memiliki peminat adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Sekolah yang sederajat dengan SMA/SLTA/MA ini memang memiliki fokus mendidik siswanya untuk bisa siap kerja begitu lulus sekolah. Lalu bagaimana dengan prospek kerja lulusan SMK jurusan farmasi dan adakah lowongan kerja farmasi lulusan SMK?

Lowongan Kerja Farmasi Lulusan SMK
Lowongan Kerja Farmasi Lulusan SMK


Lowongan Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Banyak yang mempertanyakan seputar apakah lulusan SMK jurusan farmasi bisa langsung bekerja di apotek? Apakah lowongan kerja untuk kualifikasi pendidikan tersebut tersedia cukup banyak? Dan berbagai jenis pertanyaan lainnya yang banyak dilakukan mereka yang baru lulus dari SMK. 

Perlu diketahui bahwa lulusan dari SMK dengan program keahlian Farmasi bisa mendapatkan pekerjaan dengan melamar ke berbagai perusahaan. Berikut jenis pekerjaan yang terbuka untuk lulusan SMK jurusan Farmasi. 

  1. Apotik yang dimiliki sebuah rumah sakit baik swasta maupun negeri
  2. Industri atau pabrik yang memproduksi obat kimia
  3. Industri atau pabrik yang memproduksi obat tradisional seperti obat herbal terstandar, fitofarmaka dan jamu
  4. Apotek, baik yang dioperasionalkan oleh BUMN maupun perorangan
  5. Toko obat atau apotek franchise yang beroperasional secara online
  6. Klinik atau balai pengobatan 
  7. Puskesmas
  8. Industri kosmetik atau produk perawatan kecantikan
  9. Industri yang memproduksi makanan dan minuman
  10. Klinik kecantikan dan lain sebagainya


Tips Mudah Dapatkan Lowongan Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Banyak lulusan SMK jurusan farmasi yang memilih untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi karena ingin meraih prospek kerja yang lebih menjanjikan. Namun jika Anda memiliki keterbatasan biaya, maka bisa langsung melamar kerja setelah lulus dari SMK. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan lowongan kerja farmasi lulusan SMK dengan mudah dan cepat. 

  • Dapatkan informasi lowongan kerja khusus untuk lulusan SMK jurusan farmasi di Bursa Kerja Khusus SMK Farmasi
  • Sebaiknya awali karir kerja dengan mengambil jenis pekerjaan yang memiliki prospek untuk Anda mengembangkan kemampuan yang dimiliki seperti asisten apoteker, bekerja di industry obat atau di apotek rumah sakit besar
  • Baca informasinya dengan teliti kemudian pilih jenis lowongan yang terbuka untuk lulusan SMK jurusan Farmasi, untuk lulusan baru dan memberikan kesempatan untuk kuliah (jika ada rencana untuk melanjutkan pendidikan)
  • Pastikan Anda memiliki STRTTK atau Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian yang masih aktif yang wajib dimiliki oleh setiap Tenaga Teknis Kefarmasian dengan masa berlaku 5 tahun dan bisa diregistrasi ulang 
  • Perhatikan posisi yang dilamar, umumnya untuk lulusan SMK jurusan Farmasi akan mendapatkan posisi sebagai asisten Tenaga Teknis Kefarmasian atau asisten apoteker
  • Pastikan memiliki jiwa pelayanan dan komunikatif dalam bekerja serta bisa mengendarai kendaraan bermotor (untuk kemudahan dalam bekerja)

Selain melamar pekerjaan di info lowongan kerja yang tersedia, Anda juga bisa berwirausaha seperti misalnya dengan memilih untuk membuat dan menjual produk kebutuhan rumah tangga yang terbuat dari racikan bahan kimia. Atau bisa juga dengan membuat obat herbal, produk farmasi dan turunannya serta berbagai jenis minuman herbal untuk dikonsumsi masyarakat.

Banyak jenis perusahaan yang membutuhkan lulusan SMK jurusan farmasi karena beberapa bidang produksi membutuhkan tenaga kerja yang berkualifikasi lulusan farmasi. Seperti misalnya untuk bagian Quality Control produk kesehatan, produk bayi, produk kebersihan dan lain sebagainya. Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan lowongan kerja farmasi lulusan SMK.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Farmasi Lulusan SMK dan Prospek Kerja"