Prospek Lowongan Kerja Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan

Prospek Lowongan Kerja Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan - Biologi sejatinya merupakan bidang sains yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain itu, jurusan ini juga memiliki banyak prospek kerja bagi lulusannya. Lantas, peluang lowongan kerja jurusan biologi apa saja yang dapat Anda coba?

Lowongan Kerja Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan
Lowongan Kerja Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan

Inilah Daftar Prospek Jurusan Biologi

Anda yang masih bingung akan bekerja di bidang apa setelah lulus dari jurusan Biologi, sejatinya tidak perlu lagi merasa demikian. Terlebih, ada berbagai bidang pekerjaan mentereng yang bahkan dapat diisi oleh lulusan Biologi. Berikut beberapa di antaranya.


Pengajar

Lulusan Biologi, baik dari jurusan pendidikan atau murni sejatinya dapat berkarir sebagai pengajar, entah guru, dosen, bahkan tentor di lembaga belajar offline maupun online. Setiap sekolah hingga perguruan tinggi tentu membutuhkan pengajar yang berkompeten pada mata pelajaran ini.

Ada banyak kesempatan mengajar yang bisa Anda manfaatkan, terlebih saat ini les di bidang Biologi sangat dibutuhkan. Mulai dari tes masuk perguruan tinggi, olimpiade, dan sebagainya. Dengan demikian, kebutuhan akan tenaga pengajar biologi terbilang cukup banyak.


Analis laboratorium

Lulusan ilmu Biologi juga dapat berkarir di laboratorium, termasuk di bidang analis. Tentunya, seorang analis di lab harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai biokimia, mikrobiologi, dan sebagainya. Anda juga dapat bekerja di bidang laboratorium kesehatan atau uji bahan.

Selain sebagai analis, Anda juga dapat mencoba karir sebagai teknisi laboratorium. Seorang teknisi memiliki tugas menyiapkan berbagai hal pada lab maupun pengecekan peralatan secara berkala. Tentunya, berbagai institusi pendidikan dan dinas terkait akan sangat membutuhkan ahli di bidang ini.


Aktivis lingkungan

Anda yang juga sedang mencari lowongan kerja jurusan biologi dapat menjajal profesi yang satu ini. Ya, seorang aktivis lingkungan sudah pasti lekat dengan dunia biologi, terutama pada bidang makhluk hidup dan ekosistem alam.

Anda dapat bekerja di berbagai organisasi nirlaba dari dalam maupun luar negeri. Tentunya ada banyak kesempatan yang dapat diperoleh ketika bergabung menjadi aktivis, termasuk konferensi di luar negeri hingga bekerja dengan banyak public figure dan instansi pemerintahan.


Industri makanan dan kosmetik

Bekerja di bidang industri makanan dan kosmetik juga banyak dipilih oleh lulusan Biologi. Terlebih, kedua industri ini sedang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini. Kebutuhan makanan sehat dan kosmetik yang aman tentu akan sangat memerlukan ahli di bidang biologi.

Ada banyak posisi yang dapat ditempati lulusan Biologi. Termasuk di antaranya ahli laboratorium, quality control, supervisor, dan sebagainya. Didukung dengan pengalaman hingga sertifikasi dan keahlian yang Anda miliki, tentu Anda juga berkesempatan untuk menempati posisi strategis.


Wirausaha

Siapa bilang lulusan Biologi tidak dapat menjadi pengusaha yang sukses? Nyatanya, bidang keilmuan ini juga memiliki peluang yang sama, bahkan dapat diaplikasikan secara mudah. Beberapa contohnya sebagai pengusaha di bidang kuliner, peneliti independent, dan sebagainya.

Anda juga dapat berbisnis dalam bidang lingkungan seperti pemberdayaan hewan dan tumbuhan, hingga konsultan di bidang biologi lingkungan. Bila perlu, tambah kembali kemampuan dan kompetensi Anda dengan mempelajari berbagai hal terkait industri, manajerial, dan pengelolaan bisnis sehingga usaha Anda akan semakin berkembang.

Demikian beberapa prospek lowongan kerja jurusan biologi yang dapat Anda coba, terutama untuk lulusan Biologi murni ataupun jurusan pendidikan. Tentunya masih ada banyak lagi peluang yang dapat Anda peroleh, termasuk untuk bekerja di industri, start up, atau corporate. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Prospek Lowongan Kerja Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan"