Tips Dapat Lowongan Kerja di Kapal Pesiar

Tips Dapat Lowongan Kerja di Kapal Pesiar - Bekerja di kapal pesiar sudah pasti menjadi impian banyak orang. Bukan hanya karena gajinya yang besar, namun dapat berlayar dan jalan-jalan ke banyak negara tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Lantas, bagaimana cara mendapatkan lowongan kerja di kapal pesiar?

Lowongan Kerja di Kapal Pesiar
Lowongan Kerja di Kapal Pesiar

 

Pahami Ini Jika Ingin Bekerja di Kapal Pesiar

Ada banyak posisi yang ditawarkan dalam kapal pesiar, mulai dari staf kapal, pelayan kabin, chef, bahkan manajer restoran. Tentunya, bekerja di kapal pesiar bukanlah hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus disiapkan, seperti:


Kekuatan mental dan fisik

Bekerja di kapal pesiar sudah pasti membutuhkan fisik yang prima. Terlebih, lingkungan kerjanya yang cenderung berat dengan jam kerja yang lama. Belum lagi ditambah dengan keadaan laut yang acapkali membuat seseorang mabuk laut.

Selain itu, perlu juga dipahami jika dalam industri kapal pesiar seringkali membutuhkan kualifikasi fisik yang mumpuni. Mulai dari tinggi dan berat badan proporsional, tidak buta warna, hingga tidak mempunyai penyakit bawaan yang dapat mengganggu operasional pekerjaan. 

Jangan lupa siapkan mental jika ingin bekerja di bidang ini. Terlebih tekanan yang tinggi, baik dari tuntutan pekerjaan maupun para tamu yang ada di kapal pesiar tersebut. Meskipun Anda bisa mendapatkan cuti beberapa bulan, namun pekerjaan di kapal bisa mencapai belasan jam per hari.


Kemampuan komunikasi

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik tentu menjadi hal yang sangat penting. Terlebih, Anda nantinya akan bertemu dengan banyak orang, terutama dari kalangan atas maupun orang-orang dari luar negeri. Oleh karena itu, Anda wajib membangun komunikasi yang baik dan percaya diri.

Anda juga wajib menguasai bahasa asing, terlebih kapal pesiar memiliki standar internasional. Itulah mengapa bahasa Inggris menjadi sangat penting sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menguasai bahasa asing lain sebagai penunjang.


Perkuat kompetensi

Untuk sukses dalam seleksi lowongan kerja di kapal pesiar, keterampilan dan kompetensi diri sudah pasti harus menjadi hal yang penting, terutama di bidang hospitality. Umumnya, pendidikan vokasi melalui lembaga pelatihan seperti LKP atau LPP menjadi sarana yang dapat Anda ikuti.

Di sini, Anda akan diajarkan berbagai keterampilan mengenai service di kapal pesiar sesuai dengan minat dan kemampuan. Di akhir pelatihan, umumnya akan ada uji kompetensi dan sertifikasi yang menandakan bahwa Anda kompeten dan siap bekerja pada bidang tersebut.


Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan

Ketika Anda sudah siap untuk bergabung dalam industri ini, maka pastikan Anda sudah memiliki berbagai persyaratan untuk mulai melamar pekerjaan di kapal pesiar. Oleh karena itu, ada baiknya Anda cermati kembali persyaratan dan kualifikasi seperti apa yang tersedia.

Mulai dari posisi yang sesuai kompetensi, sertifikat kemampuan bahasa asing yang masih berlaku, hasil tes fisik, dan sebagainya. Anda dapat membuat daftar lowongan pekerjaan dari berbagai sumber sehingga akan menambah peluang untuk bekerja di kapal pesiar.

Apabila kesulitan mendapatkan informasi secara mandiri, maka Anda perlu menghubungi jasa penyalur tenaga kerja atau lembaga pelatihan kapal pesiar. Tentunya, perlu dipastikan jika jasa atau lembaga tersebut kredibel dan sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan kapal pesiar.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda tertarik untuk mencari lowongan kerja di kapal pesiar. Diperlukan ketekunan dan keuletan yang tinggi untuk mendapatkan posisi dan pekerjaan tersebut. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Dapat Lowongan Kerja di Kapal Pesiar"