5 Posisi Lowongan Kerja Pertambangan Untuk Wanita

5 Posisi Lowongan Kerja Pertambangan Untuk Wanita - Bekerja di industri pertambangan identik dengan lingkungan dan budaya kerja yang keras. Hal ini terjadi karena kebanyakan karyawan dari perusahaan tambang akan dikerjakan di site atau tempat kerja yang dekat dengan lahan tambang. Namun meski begitu kini sudah tersedia lowongan kerja pertambangan untuk wanita.

Lowongan Kerja Pertambangan Untuk Wanita
Lowongan Kerja Pertambangan Untuk Wanita


Karena meski lingkungan kerja serta budaya kerjanya yang terkenal keras, rupanya ada beberapa posisi yang memang bisa dikerjakan oleh wanita. Bahkan dengan semakin berkembangnya teknologi kini hampir semua pekerjaan tambang bisa dikerjakan oleh wanita.


Jenis-jenis Pekerjaan di Pertambangan

Proses pertambangan memerlukan proses yang panjang dan juga lama. Mulai dari pencarian lahan tambang, penggalian, proses ekstraksi bahan galian, sampai hasil tambang siap untuk dipasarkan. Selain pekerjaan lapangan tentu ada banyak pekerjaan administrasi yang harus dilakukan supaya proses bisnis tetap berjalan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencari lowongan kerja pertambangan untuk wanita, berikut beberapa posisi pekerjaan yang bisa Anda lamar:


Surveyor Lapangan

Seorang Surveyor Lapangan memiliki tugas untuk melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi pada proses pertambangan yang sedang berlangsung. Seorang surveyor juga harus memastikan bahwa proses penambangan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.


Ahli Tambang dan Teknologi

Seorang ahli tambang dan teknologi memiliki tugas untuk melakukan penelitian pada situs tambang yang berpotensi. Mereka akan melakukan pengecekan pada karakteristik tanah pada situs potensial tersebut. Nantinya hasil pengecekan akan digunakan untuk menentukan alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk menambang di situs tersebut, serta menentukan SOP kerja yang paling aman dan sesuai dengan kondisi pada situs tambang tersebut. 


Ahli Teknik Energi

Tugas dari seorang ahli teknik energi di sektor pertambangan adalah untuk membuat rancangan, melakukan pengembangan, serta melakukan evaluasi pada proyek energi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menggunakan energi serta biaya operasional perusahaan secara efektif dan efisien.

Selain itu, pada posisi ahli teknik energi juga akan diberikan tanggung jawab untuk memastikan energi yang dihasilkan berkualitas dan tidak merusak lingkungan sekitar situs pertambangan.


Teknisi Laboratorium

Sebelum hasil tambang di gunakan tentu perlu melalui proses penelitian sebelum dinyatakan layak untuk diproses ke tahap selanjutnya. Bahkan saat bahan tambang sudah selesai di proses pun masih harus melewati proses penelitian sebelum dipasarkan.

Jadi, tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang teknisi laboratorium di pertambangan adalah menyiapkan seluruh alat dan bahan yang di butuhkan selama proses penelitian, menjaga kebersihan laboratorium, serta menerapkan standar kesehatan dan keamanan kerja selama di laboratorium. 


Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sektor pertambangan memiliki resiko kerja yang cukup tinggi. Sehingga spesialis kesehatan dan keselamatan kerja sangat dibutuhkan di sektor ini. 

Sebagai seorang spesialis kesehatan dan keselamatan kerja Anda akan memiliki tanggung jawab untuk memastikan prosedur K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di perusahaan tambang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Hal-hal yang harus di atur dalam prosedur kesehatan dan keselamatan kerja tersebut adalah peralatan kerja yang digunakan, lokasi kerja, serta prosedur yang dijalankan selama proses kerja berlangsung.


Penutup

Di atas merupakan informasi mengenai lowongan kerja pertambangan untuk wanita yang bisa kami sampaikan. Semoga dari 5 poin jenis pekerjaan pertambangan yang bisa dikerjakan oleh wanita di atas dapat memotivasi Anda yang saat ini sedang memiliki keinginan untuk terjun ke industri pertambangan. 

Akhir kata, tetap semangat untuk berkarier dan mengejar cita-cita!

Posting Komentar untuk "5 Posisi Lowongan Kerja Pertambangan Untuk Wanita"