Lowongan Kerja Jurnalistik, Ini Beberapa Pilihan Profesinya

Lowongan Kerja Jurnalistik, Ini Beberapa Pilihan Profesinya - Lulusan jurusan jurnalistik memang bisa bekerja pada bidang jurnalisme itu sendiri, tapi ada bidang profesi lainnya juga yang cocok. Prospek kerja mereka yang merupakan lulusan jurnalistik bukan hanya menyediakan berita saja. Lowongan kerja jurnalistik mencakup banyak bidang profesi lainnya agar bisa mengikuti tantangan zaman.

Lowongan Kerja Jurnalistik
Lowongan Kerja Jurnalistik

 

Beberapa Lowongan Kerja Jurnalistik 

Bidang utama jurnalistik adalah bagaimana menyebarkan konten sesuai kebenaran maupun mengelola produksi konten berita itu sendiri. Pada akhirnya informasi-informasi akan disebar ke platform-platform digital untuk memenuhi kebutuhan zaman.

Selanjutnya akan dibahas beberapa profesi jurusan jurnalistik. Bukan hanya wartawan saja, ini profesi-profesi lainnya yang bisa lulusan jurnalistik coba. 


Sosial Media Specialist

Spesialis social media merupakan profesi yang tergolong cepat berkembang, alasannya karena perkembangan internet yang semakin masif. Seorang social media specialist bekerja dengan mengelola akun sosmed agar memiliki performa terbaik. Bisa semua akun maupun beberapa akun saja.

Mereka akan bertanggung jawab meningkatkan performa, reputasi, dan termasuk mengembangkan merek juga secara keseluruhan lewat sosial media. Tim spesialis ini setiap harinya akan membuat, menjalankan dan mengembangkan strategi pemasaran via media sosial.

Mereka perlu membuat konten, dan selalu siap mengelola akun. Program sertifikasi untuk bidang ini cukup banyak sehingga bisa membekali para jurnalis agar keterampilan mereka lebih mumpuni. 


Public Relation Specialist

Ada lagi posisi specialist lainnya yang bisa Anda coba yaitu public relation specialist. Mereka dipekerjakan oleh perusahaan atau organisasi agar bisa menjaga citra yang baik terhadap publik. Fungsi dari public relation specialist juga agar bisa berkomunikasi baik dengan masyarakat.

Nantinya mereka akan menjadi perantara antara pihak organisasi dengan pihak lain agar membentuk kesadaran dan keselarasan publik. Pekerjaan public relation specialist biasanya mencakup pembuatan siaran pers, mengatur wawancara, menanggapi pertanyaan, dan sebagainya. 

Posisi spesialis ini sering dibutuhkan juga pada lingkup pemerintahan. Maka dari itu, Anda bisa saja berpotensi menjadi ASN dari lowongan kerja jurnalistik ini.


Copywriter

Skill tata bahasa dan menulis dari jurusan jurnalistik bisa masuk ke berbagai macam tugas, salah satunya adalah copywriting. Copywriter inilah penulis profesional dengan tugas membuat materi promosi. Materi tersebut akan digunakan pada pamflet, papan reklame, katalog, postingan sosial media dan sebagainya. 

Lingkup kerja copywriter bisa secara freelance, perusahaan atau agensi tertentu. Copywriter perlu menguasai ilmu bahasa marketing. Bukan hanya menarik saja, tapi harus singkat, dan padat. Harapannya tulisan seorang copywriter bisa seakan-akan menghipnotis calon konsumen.

Lewat peran-peran seperti itu, copywriter posisinya sangat penting mengingat sekarang sudah era promosi digital. Apa lagi semakin banyak juga persaingan iklan di berbagai platform sosmed. 


Content Writer atau Content Editor

Baik itu content editor maupun content writer, sama-sama membutuhkan ilmu dan penerapan jurnalistik. Lowongan pekerjaan untuk posisi editor konten website sudah semakin banyak karena banyak perusahaan atau institusi yang membutuhkannya. Pekerjaan content editor adalah mengedit artikel atau informasi lain pada situs web. 

Beda dengan content editor, content writer lebih ke arah penulisan artikel tanpa banyak melakukan pengeditan. Tetapi bisa saja keduanya menjadi tugas dalam satu profesi, biasanya dinamakan content creator atau istilah sejenisnya. 

Sekarang ini, sudah semakin banyak instansi-instansi bahkan dalam lingkup pemerintah yang semakin gencar mengelola situs web. Karena itu, posisi editor artikel atau konten web semakin menjanjikan. Posisi tersebut lebih sering diisi para lulusan jurnalisme. 

Itulah beberapa lowongan kerja jurnalistik, tentunya masih ada beberapa jenis profesi lainnya.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Jurnalistik, Ini Beberapa Pilihan Profesinya"